BERITA TEKNOLOGI | berita tentang teknologi ramah lingkungan - BERITA TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY NEWS | BERITA TECHNOLOGY

Breaking

About Me

Kamis, 11 Juli 2019

BERITA TEKNOLOGI | berita tentang teknologi ramah lingkungan

Keren, Jurusan Agroteknologi Favorit Anak Muda

berita tentang teknologi ramah lingkungan - Sederet anak muda memilih fakultas kedokteran sebagai jenjang edukasi utama. Pilihan itu terlihat dari hasil pemberitahuan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) berhubungan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

Tapi, disisi lain, terdapat agroteknologi yang merangsak naik menjadi jurusan teravorit kedua dengan total pemilih menjangkau 6.042 orang. Artinya, ini menjadi jurusan yang paling tidak sedikit diminati sesudah kedokteran.

Tingginya minat anak muda terhadap agroteknologi merupakan gejala yang menjadi asa pemerintah, terutama Kementerian Pertanian (Kementan) dalam mendorong sekian banyak  program berbasis teknologi pertanian


Di samping itu, keawetan pangan pun menjadi visi strategis dari Menteri Ristekdikti, Mohamad Nasir guna menghadapi revolusi industri 4.0.

"Karena itu, perguruan tinggi mesti mempunyai peran dalam membuat inovasi teknologi pada bidang pangan, kesehatan dan kebencanaan yang bisa bermanfaat untuk rakyat Indonesia," ujar Nasir dalam website resmi Kemristekdikti.

Sementara penggemar agroteknologi yang lolos mengekor tahap uji dan menerima hasil keulusan ini diinginkan mampu menggarap segala industri komoditas perkebunan, hortikultura dan seluruh olahan pangan. Anak muda wajib menambah sektor pertanian dan mengawal kedaulatan pangan.

Seperti diketahui bersama, Kementerian Pertanian dalam kurun masa-masa empat separuh tahun terakhir terus mendorong pencetakan petani milenial melewati perguruan tinggi maupun pesantren. Bahkan, pencetakan tersebut kini sudah menjangkau satu juta yang tersebar di semua Indonesia.


Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam sejumlah kesempatanya, menuliskan bahwa desakan lain guna mengetuk jiwa muda ini ialah mentrasformasi pertanian tradisional mengarah ke pertanian modern.

"Mereka bakal tertarik sebab ada transformasi dari pertanian tradisional menjadi pertanian modern," katanya.

Amran menuliskan dunia ketika ini telah menginjak era revolusi industri yang ditandai dengan pemakaian mesin-mesin otomasi dan jaringan internet. Karena itu, sektor pertanian pun perlu beradaptasi untuk membalas tantangan tersebut.

"Ke depan olah lahan, tanam, panen sampai pengolahan dilaksanakan menggunakan remote control dari rumah. Itulah mengapa anak muda mesti terjun ke sektor pertanian," tukasnya.

Baca juga : perkembangan teknologi jalan raya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar