berita teknologi | berita teknologi informasi terupdate - BERITA TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY NEWS | BERITA TECHNOLOGY

Breaking

About Me

Selasa, 18 Juni 2019

berita teknologi | berita teknologi informasi terupdate

Kanada Tolak Tuntutan untuk Setop Ekstradisi Bos Huawei ke AS
Kanada Tolak Tuntutan untuk Setop Ekstradisi Bos Huawei ke AS

Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland menolak usulan untuk menghentikan ekstradisi bos Huawei Meng Wanzhou ke Amerika Serikat.

Wanzhou diketahui akan membangkang permintaan ekstradisi yang dilaksanakan pemerintah Kanada ketika persidangan pada Januari mendatang.

"Itu [permintaan ekstradisi] merupakan teknik tepat, tidak terdapat gangguan politik guna melanjutkan tahapan tersebut," ungkap Freeland seperti dikutip Reuters.
Tuntutan ini hadir bersamaan dengan penjelasan dari mantan Pendana Menteri Kanada Jean Chretien melewati surat kabar The Globe and Mail.


Chretien meminta pemerintah Kanada guna menghentikan usulan ekstradisi Wanzhou ke pengadilan Washington untuk mengawal hubungan baik antara Kanada dan China.

Wanzhou yang adalahkepala finansial Huawei diselamatkan di bandara di Kanada mula Desember silam atas permintaan AS. Pemerintah China sempat menuntut Kanada untuk melepaskan Wanzhou, disamping dua penduduk negara Kanada yang diselamatkan atas dakwaan spionase.

Lihat juga: Huawei Undang Pengembang ke Toko Aplikasi Miliknya
Perseturuan antara AS dan China bermula saat jaksa penuntut mengeluarkan tuduhan yang mendakwa Huawei mengerjakan penipuan guna membuka kran bisnis dengan Irak.

Perseteruan AS versus China melebar saat Wangzhou yang adalahputri pendiri Huawei, Ren Zhengfei diselamatkan di Kanada. Zhengfei kala itu berpikir penangkapan putrinya dilandasi semangat politik antara AS dan China.

Tensi perang dagang antara kedua negara menjangkau puncaknya ketika Trump menerbitkan larangan untuk perusahaan AS untuk memakai layanan atau produk kepunyaan Huawei. Akibatnya, sebanyak perusahaan tergolong Google terang-terangan menghentikan sokongan untuk ponsel buatan Huawei.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar