BERITA TEKNOLOGI | berita hoax teknologi - BERITA TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY NEWS | BERITA TECHNOLOGY

Breaking

About Me

Jumat, 28 Juni 2019

BERITA TEKNOLOGI | berita hoax teknologi

impor teknologi informasi dan komunikasi 2019 sumbang defisit transaksi berjalan


berita hoax teknologi - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (Kein) mengaku sektor Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) turut berkontribusi terhadap besarnya defisit transaksi berjalan. Pada kuartal I 2019, sektor ini menyumbang defisit US$ 339 juta atau selama Rp 4,8 triliun. Kondisi ini seiring besarnya impor di sektor TIK, seperti perlengkapan elektronik, gim, hingga software ponsel. "Produk TIK masih tidak sedikit impor,” kata Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor Nunung Nuryartono di Jakarta, Kamis (27/6). Ia memaparkan, jumlah software ponsel yang didownload selama 2018 menjangkau 5,08 miliar. Total ongkos untuk mengunduh software tersebut menjangkau US$ 313,6 juta. Sedangkan menurut data UN Comtrade, impor mesin dan perlengkapan elektronik sebesar US$ 21,45 miliar, atau 11,37% terhadap total impor barang pada 2018. 


Di samping TIK, ia pun menyinggung soal kontribusi pemakaian Hak Kekayaaan Intelektual (HAKI) terhadap defisit transaksi berjalan. Kontribusinya menjangkau US$ 397 juta pada kuartal I 2019. Hal ini dinilai lantaran Indonesia merasakan keterlambatan dalam hal pengusulan paten. Wakil Ketua Kein Arif Budimanta bercita-cita pemerintah bisa mendorong industri TIK domestik untuk meminimalisir beban ongkos pemakaian HAKI dan impor TIK. Langkah ini dipercayai dapat menolong pemerintah dalam membetulkan neraca transaksi berlangsung dan neraca pembayaran Indonesia secara keseluruhan. 
Ia pun memberikan contoh Vietnam yang mulai membina industri TIK. Vietnam membina jalur telekomunikasi ekstra untuk memastikan semua provinsi terhubung secara digital dengan kota besar. Strategi pemerintah ini sukses meningkatkan pemakai ponsel Vietnam menjangkau 134 juta pada 2012 serta menjadikan Vietnam sebagai pemakai ponsel keenam di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar