WhatsApp Diserang Virus, Pengguna Jangan Buka Pesan Ini

WhatsApp diserang Virus. Hindari klik link dari nomor yang tidak dikenal

WhatsApp diserang Virus

WhatsApp diserang Virus via chiasefiles.com

TeknologiNews.com ā€“ Apakah kamu pengguna aktif aplikasi WhatsApp Messenger? Jika ia, berhati-hatilah dengan pesan tertentu dari link yang datang dari nomor yang tidak dikenal. Rupanya saat ini WhatsApp diserang virus.

Ancaman virus ataupun malware yang menyerang WhatsApp ini ternyata datang dengan cara phising teks, dimana malware yang dibuat mampu mencuri antarmuka aplikasi seperti Uber, WhatsApp dan Google Play.

Secara teknis, virus yang menyerang WhatsApp ini sudah menunggu untuk dibuka di dalam aplikasi asli dan memulai memalsukan interface aplikasi asli. Hal ini kemudian memungkinkan pengguna mendapat data personal termasuk alamat dan akun bank.

Virus ini awalnya ditemukan oleh peneliti FireEye yang mengatakan bahwa virus telah menyebar di Eropa. Pada awalnya malware yang menyerang aplikasi WhatsApp ini mulai menyebar dari Denmark lalu ke Italia, Jerman, dan Austria.

Karena disebar dengan cara phising teks, maka ada pesan yang dikirimkan lewat aplikasi WhatsApp. Salah satu model pesan telah berhasil diunduh 130 ribu kali dan berbunyi seperti berikut:

“Kami tidak bisa mengirim pesan Anda. Tolong periksa informasi pengiriman Anda di sini”

Jika kamu mendapatkan pesan tersebut dari nomor yang tidak kamu kenali, maka sudah dapat dipastikan itu merupakan malware yang menyerang aplikasi WhatsApp kamu. Untuk menghindarinya, langkah paling mudah adalah jangan sampai kamu mengklik link dari nomor-nomor yang tidak kamu kenal.

Belum diketahui secara jelas, apakah virus yang menyerang aplikasi WhatsApp ini sudah berhasil masuk ke Indonesia atau belum. Walaupun demikian ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri dari virus WhatsApp tersebut.

Tetap berhati-hati karena serangan cyber akan dengan mudah masuk ke dalam aplikasi dan sistem yang telah ada di Internet.

Leave a Reply