Tips Mempercepat Koneksi WiFi

Koneksi Wifi Yang Kamu Gunakan Lambat? Coba Ikuti Beberapa Tips Mempercepat Koneksi WiFi Di Bawah Ini

Tips Mempercepat Koneksi WiFi

WiFi Router

TeknologiNews.com – Koneksi internet cepat di era teknologi seperti sekarang ini seakan-akan telah menjadi sebuah kebutuhan. Terlebih dengan semakin banyaknya perangkat yang terhubung dan membutuhkan koneksi internet, maka kelancaran koneksi dapat menimbulkan efek psikologis dan emosi tersendiri bagi para penggunanya. Koneksi WiFi yang lambat seringkali membuat pengguna tertekan dan emosi.

Salah satu koneksi yang cukup banyak digunakan oleh para pengguna internet saat ini adalah WiFi. Koneksi nirkabel ini memang menjadi koneksi yang paling populer di samping koneksi paket data yang ditawarkan oleh provider seluler.

Jika koneksi WiFi yang kamu gunakan saat ini terasa lambat dan kurang memuaskan, mungkin ada beberapa hal yang harus dicek pada perangkat WiFi Router yang kamu gunakan.

Salah satu cara yang biasa digunakan untuk mengetahui kecepatan koneksi WiFi adalah dengan cara melakukan Speed test. Dengan menggunakan speed test, kita akan mendapatkan informasi terkait dengan kecepatan upload/download dari akses yang kita gunakan.

Jika ketika kamu menggunakan speedtest lewat WiFi terasa lambat, maka cobalah mengecek kembali dengan menggunakan koneksi kabel melalui router. Jika hasilnya sama, maka masalahnya terjadi pada penyedia layanan, bukan pada WiFi Router yang anda gunakan.

Tips Mempercepat Koneksi WiFi

Speedtest.net

Berikut ini beberapa tips mempercepat koneksi WiFi yang dapat dengan mudah kamu lakukan:

Cek posisi router

Posisi peletakan WiFi Router menjadi salah satu hal yang pempengaruhi kecepatan koneksi WiFi. Walaupun terkesan sepele, namun jika diletakkan pada posisi dan tempat yang salah, maka sinyal yang dikirim oleh WiFi Router tidak akan maksimal.

  • Posisi terbaik ada di bagian tengah ruangan

    Jika WiFi akan digunakan pada satu ruangan tertentu, posisi terbaik dari peletakan WiFI Router adalah di bagian tengah ruangan. Jika diletakkan di samping jendela, biasanya aka nada sinyal yang dikirimkan ke luar ruangan. Hal ini akan membuat sinyal WiFi di dalam ruangan tidak merata.

  • Jangan letakkan di lantai

    Meletakkan WiFi Router di lantai hanya akan membuat sinyal yang dikirim oleh Router menjadi buruk dan semakin tidak merata. Hal tersebut disebabkan karena lantai mengandung bahan semen, beton dan logam yang sulit ditembus oleh sinyal WiFi.

    Letakkan router di tempat yang tinggi, misalnya di atas meja atau lemari. Posisi yang lebih tinggi akan membuat sinyal lebih merata karena router biasanya dirancang untuk mengirimkan sinyal ke bawah.

Jauhkan dari elektronik lain

Sinyal WiFi sangat mudah terganggu dengan sinyal dari perangkat lain yang menghasilkan sinyal elektromagnetik. Oleh jarena itu, jangan pasang atau letakkan router WiFi berdekatan dengan perangkat elektronik lainnya.

Sebagai informasi, sinyal elektromagnetik dapat melemahkan kinerja sinyal WiFi.

Atur agar antena router dalam posisi berdiri

Setiap router biasanya dilengkapi dengan antena. Usahakan kamu mengatur posisi antena berdiri atau dalam posisi vertical. Posisi antena seperti ini akan membuat sinyal WiFi lebih mudah menjangkau seluruh bagian ruangan.

Periksa kekuatan sinyal WiFi

Untuk memeriksa kekuatan sinyal WiFi, kamu dapat menggunakan beberapa aplikasi sepertui Cloudcheck dan Amped. Dengan mengetahui kekuatan sinyal dari WiFi, kamu bisa memetakan bagian ruangan mana yang menerima sinyal kuat dan yang mana yang akan menerima sinyal lemah. Hal ini kemudian akan sangat membantu kamu untuk menyesuaikan tempat terbaik untuk peletakan router.

Demikian beberapa tips mempercepat koneksi WiFi yang dapat dengan mudah dilakukan. Semoga cara-cara di atas dapat membuat koneksi internet yang kamu gunakan semakin lancar.

Leave a Reply